Hubungan Pelayanan Informasi Obat (PIO) terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Abdul Moeloek Bandar LampungAyi Candra / apt. Kiki Yuli Handayani M.Pharm.Sci. / Farmasi, 2023Pelayanan Informasi Obat (PIO) adalah kegiatan penyediaan dan pemberian informasi, rekomendasi obat secara akurat, jelas, terkini dan komprehensif yang dilakukan oleh tenaga kefarmasian. Kualitas PIO yang terlaksana dapat dilihat dari kepuasan pasien rawat jalan yang menerima PIO di Instalasi Far... |
Gambaran Kualitas Pemberian Informasi Obat pada Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi RSUD Dr. A. Dadi Tjokrodipo Bandar Lampung Tahun 2023Barbella Baroya Anggraini / apt. Kiki Yuli Handayani M.Pharm.Sci / Farmasi, 2024Rumah sakit dituntut untuk senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan, salah satunya adalah pada pelayanan pemberian informasi obat. Importance Performance Analysis (IPA) adalah salah satu metode untuk mengevaluasi kualitas pelayanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran terkait karakter... |
Analisis Cost of Illness pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Peserta BPJS Rawat Inap di RSUD Jendral Ahmad Yani Kota Metro Tahun 2023Herlian Shabrina / apt. Kiki Yuli Handayani M.Pharm. Sci. / Farmasi, 2024Diabetes melitus (DM) tipe 2 merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar glukosa darah dan Indonesia menempati urutan kelima di dunia. Tingginya kasus DM tipe 2 menunjukkan banyaknya biaya yang harus dikeluarkan pemerintah untuk mengatasinya. Pasien membutuhkan pengobatan jangka p... |